Pages

Subscribe Twitter Facebook

Rabu, 13 Juni 2012


“SEMINAR”
Penyuluhan Bahaya HIV AIDS Bagi para remaja “AKU TAHU DAN AKU PEDULI”


Tempat : Auditorium STP Trisakti Jakarta

        Seminar ini merupakan seminar penyuluhan tentang Bahaya penularan HIV AIDS yang dilakukan oleh mahasiwa/i STP Trisakti semester 8 sebagai tugas akhir.Acara tersebut dimulai pada pukul 08.30 s/d 11.30.
        Tema yang di sajikan sangat menarik mengingat bahwa sekarang banyak orang yang kurang peduli akan orang-orang di sekitar kita yang mungkin terinveksi HIV AIDS. Pada seminar ini di bahas mengenai bahaya sex bebas dan juga cara menyikapi ODA atau orang yang sedang mengidap penyakit AIDS.
        Acara ini di buka langsung oleh ketua STP Trisakti Bapak joko sudibyo, kemudian di lanjutkan dengan beberapa presentasi dan tanya jawab dari berbagai narasumber dan pembicara.
        Pembicara yang mengisi acara yang bertakjubkan “AKU TAHU DAN AKU PEDULI” ini antara lain :
- Kak Cahyo dari Yayasan KAPETA
- Kak Ari dari Yayasan KAPETA
- Liviana seorang Psikolog dan Dosen Universitas Indonesia
- Bella (“ODA”)  Narasumber


Adapun materi yang di sampaikan dalam seminar tersebut  :
  • Perkenalan Program dari Yayasan KAPETA melalui situs Mautau.com
  • penjelasan mengenai bahaya HIV AIDS serta cara-cara penularannya dan bagaimana cara mencegahnya.
  • penyuluhan dari psikolog yaitu ibu liviana mengenai bagaimana cara kita menyikapi para pendrerita HIV AIDS, dukungan apasaja yang harus di berikan.
  • Tanya jawab dengan Narasumber.



   Acara pertama di buka dengan memperkenalkan apasih yang di lakukan di yayasan KAPETA untuk membantu para penderita HIV AIDS atau orang-orang yang ingin memeriksakan dirinya apakah positif atau tidak.Yayasan ini juga mempunyai situs internet yang bisa di akses kapan saja dan dimana saja.
     Program VCT Online mautau.com dirancang untuk meredam dampak stigma yang melekat pada penyakit HIV-AIDS dan mendukung program pemerintah yaitu menahan laju epidemi HIV-AIDS dengan memungkinkan para klien untuk memeriksakan status HIV dirinya tanpa harus mengungkapkan identitasnya. Melalui sistim ini, konseling dalam rangka tes HIV (yang dikenal dengan istilah VCT - Voluntary Counseling and Testing) dapat dilakukan secara online melalui chatting tertutup dengan Konselor mautau.com yang telah mendapatkan sertifikasi dari Depkes.
       Seperti kita ketahui, dengan berkembangnya waktu, tak seorangpun kini aman dari HIV-AIDS. Penyakit yang belum ada obatnya itu bukan hanya mengancam kelompok-kelompok yang disebut berperilaku "berisiko" tetapi kita semua. Maka alangkah baiknya jika kita masing-masing mengetahui status HIV kita sendiri dan pasangan, sehingga kita turut berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penangggulangan HIV-AIDS di Indonesia, dengan harapan tidak terjadi "ledakan" di kemudian hari.
    Sesi kedua, yaitu menjelaskan mengenai bahaya dari HIV AIDS.
 HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome. AIDS muncul setelah virus (HIV) menyerang sistem kekebalan tubuh kita selama lima hingga sepuluh tahun atau lebih. Sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, dan satu atau lebih penyakit dapat timbul. Karena lemahnya sistem kekebalan tubuh tadi, beberapa penyakit bisa menjadi lebih parah daripada biasanya.


HIV terdapat dalam sebagian cairan tubuh, yaitu:

1.    Darah
2.   Air mani
3.   Cairan vagina
4.   Air susu ibu (ASI)

HIV menular melalui:

1.    Bersenggama yang membiarkan darah, air mani, atau cairan vagina dari orang HIV-positif masuk ke aliran darah orang yang belum terinfeksi (yaitu senggama yang dilakukan tanpa kondom melalui vagina atau dubur; juga melalui mulut, walau dengan kemungkinan kecil).
2.   Memakai jarum suntik yang bekas pakai orang lain, dan yang mengandung darah yang terinfeksi HIV.
3.   Menerima transfusi darah yang terinfeksi HIV.
4.   Dari ibu HIV-positif ke bayi dalam kandungan, waktu melahirkan, dan jika menyusui sendiri.

   Biasakan mempunyai sikat gigi dan pisau cukur sendiri, karena selain untuk kebersihan pribadi, jika terdapat darah akan ada risiko penularan dengan virus lain yang diangkut aliran darah (seperti hepatitis), bukan hanya HIV.

HIV tidak menular melalui:

1.    Bersalaman, berpelukan
2.   Berciuman
3.   Batuk, bersin
4.   Memakai peralatan rumah tangga seperti alat makan, telepon, kamar mandi, WC, kamar tidur, dll.
5.   Gigitan nyamuk
6.   Bekerja, bersekolah, berkendaraan bersama
7.   Memakai fasilitas umum misalnya kolam renang, WC umum, sauna, dll.

    HIV tidak dapat menular melalui udara. Virus ini juga cepat mati jika berada di luar tubuh. Virus ini dapat dibunuh jika cairan tubuh yang mengandungnya dibersihkan dengan cairan pemutih (bleach) seperti Bayclinatau Chlorox, atau dengan sabun dan air. HIV tidak dapat diserap IV oleh kulit yang tidak luka.



Gejala atau Tahapan-tahapan HIV Menjadi AIDS

Tahapan-tahapan HIV menjadi AIDS memiliki gejala-gejala sebagai berikut:
1.    Tahap awal infeksi HIV, gejalanya mirip influenza (demam, rasa lemah, lesu, sendi terasa nyeri, batuk, nyeri tenggorokan, dan pembesaran kelenjar). Gejala ini biasanya hanya berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu saja, lalu hilang dengan sendirinya.
2.   Tahap tanpa gejala, meskipun ia tidak menunjukkan gejala, tetapi pada tes darah ditemukan antibodi HIV dan disebut HIV+. Masa ini dapat berlangsung bertahun-tahun (5-7) tahun.
3.   Tahap ARC (AIDS Related Complex),muncul gejala-gejala AIDS. ARC adalah istilah bila didapati dua atau lebih gejala yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih, yaitu demam disertai keringat malam, penurunan berat badan lebih dari 10%, kelemahan tubuh yang mengganggu aktivitas sehari-hari, pembesaran kelenjar secara lebih luas, diare (mencret) berkala atau terus-menerus dalam waktu lama tanpa sebab yang jelas, batuk dan sesak napas lebih dari satu bulan, kulit gatal dan bercak-bercak merah kebiruan, sakit tenggorokan dan pendarahan yang tak jelas sebabnya.
4.   Tahap AIDS, muncul infeksi lain yang berbahaya (TBC, jamur, dan lain-lain) karena kekebalan tubuh telah demikian rusak, yang disebut infeksi oportunistik. Disamping itu, dapat terjadi kanker kulit dan kanker kelenjar getah bening.
5.   Tahap gangguan otak (susunan saraf pusat), pada tahap ini dapat mengakibatkan kematian sel otak dan gangguan mental. Gangguan mental yang terjadi berupa demensia (gangguan daya ingat), penurunan kesadaran, gangguan psikotik, depresi, dan gangguan saraf lainnya.


Orang Yang Beresiko Tertular Virus HIV/AIDS

Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi untuk tertular Virus HIV/AIDS. Namun ada beberapa orang yang beresiko tinggi tertular virus HIV/AIDS, yakni:
1.    Mereka yang melakukan hubungan seksual dengan orang yang terkena HIV/AIDS tanpa menggunakan pengaman (kondom-red).
2.   Orang yang berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan yang beresiko tinggi seperti pelacur dan homoseksual.
3.   Orang yang mendapat tansfusi darah yang tercemar virus HIV.
4.   Penggunaan alat suntik secara bergantian tanpa melalui proses sterilisasi.
5.   Anak yang lahir dari ibu yang mengidap virus HIV.
6.   Orang yang karena pekerjaannya sering berhubungan dengan penderita HIV/AIDS seperti dokter, perawat, petugas transfusi darah, bidan, dan sebagainya. Aktivitas tersebut akan menjadi pintu masuk bagi virus HIV/AIDS






     Sesi selanjutnya mengenai psikologis, yaitu cara kita menyikapi orang-orang yang terinveksi HIV AIDS 

    sumber dari dukungan sosial ini adalah orang lain yang akan berinteraksi dengan individu sehingga individu tersebut dapat merasakan kenyamanan secara fisik dan psikologis. Orang lain ini terdiri dari pasangan hidup, orang tua, saudara, anak, kerabat, teman, rekan kerja, staf medis serta anggota dalam kelompok kemasyarakatan.

Bentuk Dukungan

Adapun bentuk dukungan tersebut terbagi menjadi 5 . Yaitu :

1. Dukungan instrumental (tangible assisstance)

Bentuk dukungan ini merupakan penyediaan materi yang dapat memberikan pertolongan langsung seperti pinjaman uang, pemberian barang, makanan serta pelayanan. Bentuk dukungan ini dapat mengurangi stress karena individu dapat langsung memecahkan masalahnya yang berhubungan dengan materi. Dukungan instumental sangat diperlukan terutama dalam mengatasi masalah dengan lebih mudah.


2. Dukungan informasional

Bentuk dukungan ini melibatkan pemberian informasi, saran atau umpan balik tentang situasi dan kondisi individu, Jenis informasi seperti ini dapat menolong individu untuk mengenali dan mengatasi masalah dengan lebih mudah.

3. Dukungan emosional

Bentuk dukungan ini membuat individu memiliki perasaan nyaman, yakin, diperdulikan dan dicintai oleh sumber dukungan sosial sehingga individu dapat menghadapi masalah dengan lebih baik. Dukungan ini sangat penting dalam menghadapi keadaan yang dianggap tidak dapat dikontrol.

4. Dukungan pada harga diri

Bentuk dukungan ini berupa penghargaan positif pada individu, pemberian semangat, persetujuan pada pendapat induividu, perbandingan yang positif dengan individu lain. Bentuk dukungan ini membantu individu dalam membangun harga diri dan kompetensi.

5. Dukungan dari kelompok sosial

Bentuk dukungan ini akan membuat individu merasa anggota dari suatu kelompok yang memiliki kesamaan minat dan aktifitas sosial dengannya. Dengan begitu individu akan merasa memiliki teman senasib.

Dampak Dukungan Sosial

    Bagaimana dukungan sosial dapat memberikan kenyamanan fisik dan psikologis kepada individu dapat dilihat dari bagaimana dukungan sosial mempengaruhi kejadian dan efek dari stress. Lieberman (1992) mengemukakan bahwa secara teoritis dukungan sosial dapat menurunkan kecenderungan munculnya kejadian yang dapat mengakibatkan stress. Apabila kejadian tersebut muncul, interaksi dengan orang lain dapat memodifikasi atau mengubah persepsi individu pada kejadian tersebut dan oleh karena itu akan mengurangi potensi munculnya stress.
Dukungan sosial juga dapat mengubah hubungan anatara respon individu pada kejadian yang dapat menimbulkan stres dan stres itu sendiri, mempengaruhi strategi untuk mengatasi stres dan dengan begitu memodifikasi hubungan antara kejadian yang menimbulkan stres mengganggu kepercayaan diri, dukungan sosial dapat memodifikasi efek itu.


   Khususnya bagi ODA maka dukungan moril yang di butuhkan adalah keluarga, dimana keluarga merupakan orang yang paling terdekat, terus beri dukungan moril berupa kasih sayang, jangan membedakan antara orang normal dengan penderita ODA.


1 komentar:

Derinta mengatakan...

Nilai 85....exellent.

Posting Komentar

 
Powered by Blogger