Pages

Subscribe Twitter Facebook

Sabtu, 22 September 2012


Adapun hal-hal yang akan saya masukan kedalam
Press Kit adalah :

     Pemberitaan

Adapun pemberitaan yang akan saya sampaikan ialah Pemberitaan mengenai event  yang akan di selenggarakan ,Penjelasan singkat mengenai pelaksanaan event sendiri,pada pemberitaan ini saya juga mencantumkan hari/tanggal,waktu,venue sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui kapan event dilaksanakan.

     Foto

Foto di sini yang akan saya cantumkan adalah foto walikota dan wakil walikota serta pimpinan  tertinggi pada pengadilan tersebut beserta jajarannya, hal ini untuk memudahkan masyarakat dan pers untuk mengetahui siapa saja yang berkepentingan atau memegang peranan pada departemen atau lembaga tersebut.Selain  foto tersebut saya juga mencantumkan foto bangunan yaitu gedung balaikota dan pengadilan yang baru lengkap dengan map sehingga memudah untuk mengetahui bagaimana bentuk gedung yang baru dan dimana letak bangunan/kantor tersebut.

     Materi berita (Press Release)

Press Release di buat untuk mengumumkan mengenai acara yang akan berlangsung pada saat kegiatan pembukaan tersebut,Pers Release ini berisi informasi dalam bentuk cetakan, ditulis seperti cerita surat kabar dan dikeluarkan untuk perwakilan media dan wartawan.Dengan adanya press release ini di harapkan media dan wartawan tidak p[erlu bertanya lebih banyak lagi karena semua informasi telah ada pada press release yang telah di buat.

     Peliputan

Pada dasarnya event atau kegiatan pembukaan Balai kota  dan pengadilan ini merupakan kegiatan yang hanya berlangsung 1 kali dalam beberapa dekade, sehingga peliputan sangat penting untuk mengabadikan setiap moment yang ada agar dapat di jadikan sejarah kedepannya.Media peliputan yang akan saya minta untuk meliput acara ini diantaranya media cetak dan elektronik.

    Undangan dan pengumuman pelaksanaan konferensi pers

Undangan mengenai acara tersebut kepada beberapa orang penting akan di buat sedemikian rupa dan di distribusikan pada waktu yang telah di rencanakan, waktu pelaksanaan konfrensi pers beserta materinya telah di persiapkan, mengingat konfrensi pers juga sangat penting agar khalayak ramai termasuk media dapat mengetahui kegiatan apa saja yang akan berlangsung pada acara tersebut, konsep acara dan sebagainya sehingga di harapkan dapat menimbulkan ketertarikan pada khalayak ramai mengenai acara tersebut. Sehingga target audience dapat tercapai.

     Pidato

Beberapa list atau daftar nama-nama yang akan memberikan sambutan dan pidato dalam acara pembukaan balaikota dan pengadilan ini akan di buat dan di cantumkan ke dalam press kit ini, beberapa nama cadangan pun telah di buat agar apabila ada yang berhalangan kita sudah mempunyai orang yang akan membackup pada kegiatan tersebut.Agar kegiatan dapat berjalan maksimal.

     Latar belakang

Berisi mengenai latar belakang di laksanakannya event tersebut, hal-hal yang mendasari sehingga acara tersebut di buat dan sebagainya. Latar belakang di sini akan di buat singkat,padat dan jelas, agar maksud dan tujuan dari acara ini dapat di ketahui dan di mengerti oleh khalayak ramai termasuk pers dengan mudah.

     Informasi organisasi

Berisi beberapa informasi  mengenai fungsi dan peranan balaikota dan pengadilan, menguak lebih dalam mengenai kegiatan-kegiatan yang di laksanakan di balaikota maupun pengadilan berisi informasi penting bagi masyarakat,maupun media mengenai aktivitas yang di lakukan di kantor pengadilan maupun balai kota setempat, apa saja benefit atau keuntungan bagi masyarakat sekitar dengan di bangunnya balaikota dan pengadilan di kawasan/area tersebut.

     Biografi

Sebuah ringkasan singkat dari, pimpinan-pimpinan yang pernah  menjabat dari yang pertama hingga saat ini sebagai walikota,wakil walikota maupun yang memengang jabatan tertinggi di suatu pengadilan tersebut selain hal tersebut juga Berisi  ringkasan singkat mengenai profil daerah setempat ,sejarah daerah,potensi yang di miliki dan lain sebagainya

     Folder, brosur, kartu pos

Folder merupakan salah satu komponen press kit yang tidak boleh di lupakan karenannya Dalam membuat press kit saya membuatnya kedalam folder yang mempunyai 2 buah saku yang berukuran standar.Folder yang saya pilih memiliki slot untuk karrtu bisnis, dan di variasikan dengan berbagai warna egar terkesan menarik sesuai dengan kebutuhan tetapi tidak mencolok.
Brosur dan kartu pos juga akan saya masukan sebagai pelengkap press kit yang telah di buat, brosur ini berfungsi memberikan beberapa penjelasan singkat yang bermanfaat bagi para pembacanya


Di dalam publikasi informasi yang akan di cantumkan adalah :
  • Hari/tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan.
  • Kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung pada acara pembukaan   balaikota  dan pengadilan tersebut.
  • Siapa saja pihak yang berkepentingan terhadap acara tersebut.
  • Daftar nama orang-orang yang berpengaruh di daerah tersebut yang akan hadir baik sebagai undangan maupun yang akan membawakan sambutan atau pidato.
  • Biografi yang berisi daftar pejabat yang pernah menjabat sebagai gubernur ataupun jabatan/orang yang berpengaruh pada masanya baik sebagai walikota maupun jabatan tertinggi di pengadilan tersebut.
  • beberapa alasan-alasan mengapa ,masyarakat perlu menghadiri kegiatan/acara tersebut.


 Aset masyarakat yang akan saya  eksplorasi untuk mendukung program pemasaran adalah:

  •  Kekayaan alam yang ada di daerah tersebut, Misalnya hasil pertanian,perkebunan,peternakan dan lain sebagainya yang tentu dapat sangat membantu dalam pemasaran mengingat aset tersebut merupakan hal utama yang terdapat di daerah tersebut yang merupakan hasil bumi khas yang di hasilkan oleh daerah atau provinsi setempat.
  •  Kebudayaan, berupa tari-tarian daerah ,lagu daerah dan lain sebagainya, yaitu dengan menyelenggarakan lomba-lomba kebudayaan yang di kemas apik pada kegiatan tersebut yang tentunya dapat menjadi salah satu daya tarik pemasaran yang  dapat di pertimbangkan.
  •   Kegiatan acara pembukaan balai kota dan juga pengadilan ini dapat di jadikan sebagai ajang promosi daerah, hal ini di karenakan banyaknya masa yang akan datang di dukung oleh berbagai media yang akan meliput kegiatan tersebut,
  •   Konsep peresmian atau pembukaan balaikota dan pengadilan ini di kemas dalam 2 kegiatan yaitu formal dan semi formal, Kegiatan formal yaitu pada saat peresmian balaikota dan pengadilan secara hikmat, kemudian akan di lanjutkan dengan acara atau kegiatan bebas di tempat lain yang masih berlokasi di sekitar kantor balaikota dan pengadilan tersebut yang melibatkan banyak masa yaitu berupa kegiatan bazar sembako, acara kesenian berupa lomba-lomba dan lain sebagainya.

Untuk mendukung kegiatan pembukaan Balai kota dan Kantor pengadilan yang baru maka akan di adakan  bazar sembako murah, dimana masyarakat pasti akan tertarik dengan bazar ini mengingat harga barang-barang kebutuhan pokok di luaran semakin mahal, dengan adanya bazar ini yang di maka di harapkan pengunjung yang mayoritas merupakan penduduk/masyarakat sekitar akan datang berkunjung.
Pada bazar tersebut tidak hanya menjual kebutuhan pokok dengan harga miring tetapi juga menjual aneka souvenir khas daerah dan juga makanan-makanan tradisional khas daerah.
Selain itu juga akan di selenggarakan Pameran pendidikan,yaitu pameran berupa buku-buku bacaan,Pertunjukan musik dan kesenian daerah, dimana di dalamnya terdapat lomba-lomba yaitu lomba menari tarian daerah ,menyannyikan lagu daerah dll
Pada kegiatan pembukaan tersebut untuk menarik masa yang banyak kita harus mengetahui strategi mengenai hal-hal yang dapat membuat masyarakat/massa tertarik untuk datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger